UJI-KOM 2018/2019

Senin, 8 April dan Selasa, 9 April 2019 merupakan dua hari yang pastinya mencuatkan nuansa perjuangan sehabis-habisnya bagi siswa siswi kelas XII Akuntansi Keuangan Lembaga dan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Seperti setahun yang lalu, dalam dua hari ini, pasti akan ada rasa ragu, khawatir, gugup, kesal, kecewa, yang bisa berujung pada menitiknya air mata. Dalam dua hari ini, bukan mustahil pula ada tawa, canda, gegap gempita, pekik kegirangan, sebagai ungkapan keberhasilan. Mengapa? Sebab dalam dua hari ini, SMK Strada Budi Luhur menjadi penyelenggara, sekaligus sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK), untuk kompetensi keahlian Akuntansi dan Administrasi Perkantoran.

BIMTEK

Sebelum pelaksanaan Uji Kompetensi selama dua hari ini, pada tanggal 4 dan 5 April 2019 yang lalu, para siswa menjalani bimbingan teknis (bimtek) uji kompetensi. Bimtek berfungsi layaknya reminder untuk semua teori dan praktik kejuruan yang telah dikerjakan siswa. Dengan reminder ini, diharapkan siswa membangkitkan kembali pengetahuan dan kemampuannya yang telah “tertidur”. Selain itu, bimtek juga menjadi pengetahuan baru bagi siswa peserta uji kompetensi, tentang rambu-rambu atau kaidah-kaidah uji kompetensi. Apa yang boleh dan tidak boleh, apa yang layak dan tidak layak dilakukan, dibahas dalam bimtek ini. Melalui bimtek, diharapkan siswa lebih menguasai sehingga siap menghadapi uji kompetensi.




Untuk bimtek siswa Akuntansi, SMK Strada Budi Luhur menggandeng sebuah lembaga yang bernama MATA Indonesia (Masyarakat Profesi Teknisi Akuntansi Indonesia). Para trainer dari MATA Indonesia yang berkenan memberikan bimtek adalah Ibu Siti Almurni, Ibu Ayunita Ajengtyas, S.M, dan Bapak Tyas Pambudi R. Sementara trainer untuk siswa Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), digandenglah Lembaga Sertifikasi Profesi Administrasi Profesional dan Sekretaris Indonesia (LSPAPSI). Adalah Ibu Shinta Wulandari, SE, seorang lulusan dari Akademi Sekretari dan Manajemen ATMA JAYA Makasar dan Jurusan Manajemen Keuangan Universitas Islam 45 Bekasi, bersama dengan Ibu Silvia Rani sebagai nara sumber dan praktisi dalam bimtek OTKP.




UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI

Tahun Ajaran 2018/2019 merupakan tahun kedua bagi SMK Strada Budi Luhur mengadakan Uji Sertifikasi Kompetensi. Para siswa yang berhasil dan dinyatakan kompeten akan mendapatkan sertifikat uji kompetensi berlogo garuda emas yang berlaku dan dapat digunakan di negara-negara kawasan ASEAN.








Seperti tahun lalu, untuk Uji Sertifikasi Kompetensi Teknisi Akuntansi dengan klaster penyusunan laporan keuangan berbasis SAK ETAP, Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP-TA) kembali digandeng untuk menguji pengetahuan dan keterampilan siswa Akuntansi. Empat orang penguji (assesor), yang merupakan praktisi dan pakar akuntansi, berasal dari berbagai tempat di Indonesia. Mereka adalah Bapak Sabarudin Muslim, S.E., M.Si., berasal dari Jakarta dan merupakan penanggung jawab assessor kompetensi, Bapak Sunardi, S.Kom., M.Ak., CAAT, dan Bapak Dedy Haryanto, S.Pd., berasal dari Pontianak, dan Bapak Ekowanto, S.Pd., berasal dari Pandeglang, Serang.




Untuk Uji Sertifikasi Kompetensi Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dengan klaster mail handling, SMK Strada Budi Luhur menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi Administrasi Profesional dan Sekretaris Indonesia (LSPAPSI). Para siswa diuji oleh 3 orang praktisi handal yang juga masih sangat aktif menjadi sekretaris di perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Mereka adalah Ibu Leijona V. V. Andhari, Ibu Elly M. Ningsih, dan Ibu Anis Syamila.




TEMPAT UJI KOMPETENSI


Sejak setahun yang lalu SMK Strada Budi Luhur telah dinyatakan sebagai Tempat Uji Sertifikasi Kompetensi (TUK). Bukan hanya untuk kompetensi keahlian Akuntansi Keuangan Lembaganya saja, tetapi juga untuk Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Hal ini dikarenakan SMK Strada Budi Luhur dinilai oleh kedua LSP sebagai sekolah yang memiliki fasilitas yang sungguh memadai dan sangat layak untuk kegiatan Uji Sertifikasi Kompetensi.


Ini dibuktikan dengan adanya peserta luar yang ikut dalam Uji Sertifikasi Kompetensi kali ini. Beliau adalah Ibu Sitti Aisyah, S.Pd., yang berprofesi sebagai guru akuntansi di SMK I Tambun Utara. Bersama dengan para siswa Akuntansi Keuangan Lembaga, beliau dengan penuh semangat mengerjakan materi dalam klaster penyusunan laporan keuangan berbasis SAK ETAP.

KUNJUNGAN PENGAWAS dan PEMBINA SMK DARI DINAS PENDIDIKAN KOTA BEKASI




Adalah sebuah kehormatan bagi SMK Strada Budi Luhur bahwasanya dalam pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi Tahun Ajaran 2018/2019 ini, Pengawas dan Pembina SMK dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Bapak Drs. H. Chaerudin, M.Pd., berkenan datang berkunjung untuk menyaksikan langsung proses ujian. Ditemani oleh Kepala SMK Strada Budi Luhur, Ibu Dra. C.M. Fajarsasi, dan Waka Bidang Kurikulum, Bapak Antonius Cipto Kusumayanto, beliau berkeliling dan mengunjungi Laboratorium Administrasi Perkantoran dan kelas-kelas yang dijadikan sarana Uji Sertifikasi Kompetensi.




Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian

semua pengumuman

Pengumuman

05 Juli 2017
asda
06 Juli 2017
test aja deh
semua agenda

Agenda

Jajak Pendapat

Siapakah Presiden Indonesia 2014 Pilihan Anda?
Joko Widodo
Prabowo Subianto
Dahlan Iskan
Mahfud MD

Lihat